"Berbagi berarti peduli"

Kaibobo

Terima kasih telah mengunjungi website kami dan menunjukkan ketertarikan (untuk datang) ke Kaibobo. Sang surga tersembunyi di Seram Barat. Tapi sebelum anda keluar dari website ini, kami, Tim Wonderful Kaibobo (2017), ingin berbagi cerita dengan Anda. Sebuah cerita berisi pesan.

Pada minggu ketiga kami berada di Kaibobo, seorang pria mendatangi kami untuk meminta bantuan. Seorang pria yang selalu memiliki senyum di wajahnya, namun tidak saat ini. Dia meminta kami untuk duduk di sofa di rumahnya. Ekspresi wajahnya menunjukkan rasa sakit dan keseriusan. "Bisakah kamu membantuku?" Dia bertanya. "Saya ingin menunjukkan sesuatu, mungkin anda punya krim yang bisa menyembuhkan luka."

Di sana kami duduk, menunggunya menunjukkan luka-lukanya. Tapi begitu dia duduk dan melepaskan perbannya, terlihat jelas bahwa tidak ada krim yang bisa menyembuhkan itu. Satu-satunya tanggapan kami adalah: "Pergilah ke rumah sakit secepat mungkin". "Tapi saya sibuk dengan pekerjaan," katanya. Pada saat inilah kami menyadari bahwa selama kami melakukan wawancara, ketika kami bertanya tentang tingkat kebahagiaan mereka, orang tidak ada dari mereka yang menyinggung tentang kondisi kesehatan mereka. Hal-hal yang mereka disebutkan hanyalah"hidup adalah berkah", "kita memiliki cukup makanan dan minum", "bisnis kita berdiri sendiri", dan lain-lain. Tidak ada satu wawancara pun yang menyebutkan kesehatan seseorang. Meski sehat, menurut kami, salah satu hal terpenting dalam hidup. Dan itulah sebabnya kami meminta anda untuk "membantu masyarakat dan berbagi dengan mereka" (Mickey Pesireron).

Sayangnya, setelah acara ini, lebih banyak orang mendatangi kami dan meminta bantuan kami. Alasan utama mengapa mereka datang kepada kami adalah karena mereka melihat kami berjalan mengelilingi desa membawa kotak P3K. Dimana kami gunakan untuk diri kami sendiri atau ketika seseorang merasa kurang sehat. Namun, sesuatu yang sederhana seperti P3K bisa mencegah penyakit dan infeksi. Dan itulah sebabnya kami ingin menyediakan P3K untuk penduduk desa. Tapi bagi kami untuk menyadari hal ini, kami butuh bantuan anda.

Jadi, jika anda telah mengunjungi Kaibobo, atau anda berencana mengunjunginya setealh melihat situs ini, kami ingin meminta anda untuk berbagi. Untuk membagi hanya beberapa menit dari waktu dan uang anda dengan penduduk desa Kaibobo yang luar biasa. Sebuah tempat di mana anda akan disambut oleh penduduk desa dengan tangan terbuka dan di mana Anda akan menjelajahi kesederhanaan kehidupan yang indah. Mereka akan berbagi budaya, cerita, dan kepedulian dengan Anda. Kami, Tim wonderful kaibobo, juga ingin mengatakan kepada anda- pembaca dan (warga lokal)- bahwa "Berbagi berarti peduli."

Kaibobo
Kaibobo

Dilbuat pada: 08-07-2017
Ditulis oleh: Ingrid Bremmers
Fotografer: Teresa Cancola and Ingrid Bremmers

Kami, Teresa Cancola dan Ingrid Bremmers, akan bertanggung jawab atas akun GoFundMe.

 

Oleh karena itu waktu dan uang yang akan anda berikan untuk penduduk desa terlebih dahulu akan melalui kami. Kami kemudian akan mengirimkan uang itu ke Allan Ririhena (lihat 'kontak' untuk informasi lebih lanjut). yang nantinya akan membeli P3K di kota asalnya ,Ambon. Kemudian, dia akan mengunjungi desa membagikannya ke penduduk desa.

 

Atas nama Semua penduduk desa Kaibobo dan Tim Wonderful Maluku kami ucapkan Terima Kasih (2017).